Bertemu Erman Suparno, Rektor USM Sharing Soal Pendidikan dan Pembangunan SDM Unggul

TRIBUNJATENG.COM – Universitas Semarang (USM) intens membangun akses untuk melakukan improvement di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Terobosan yang dilakukan adalah menjajaki peluang kerja sama dengan kampus yang sevisi dalam melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam kunjungan kerja di Jakarta, 19-21 Mei 2022 lalu, Rektor USM Dr Supari Priyambodo MT dan pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU menyambangi kantor Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP) di Gedung Menara Batavia.

YPUP menaungi President University dan perguruan tinggi vokasi Akademi Komunitas Presiden (AKP) dan Lembaga Pendidikan Keterampilan Presiden.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Direktur AKP Dr Ir Erman Soeparno MBA.

Pertemuan tersebut terasa spesial, mengingat Erman yang mantan Menakertrans tersebut adalah sahabat lama Soeharsojo saat mereka menjadi legislator di Komisi V DPR RI.

Diskusi gayeng dan cair pun tercipta.

Ketiga tokoh pendidikan itu, kemudian sharing tentang bagaimana posisi perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi bagi negeri, serta penyiapan lulusan yang punya SDM unggul sehingga berdaya saing sebagai tenaga kerja.

Rektor USM Dr Supari mengaku tertarik menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di bawah YPUP karena memiliki visi dan misi yang sama dengan USM.
‘’Kami kira ada visi yang sama tentang bagaimana mencetak SDM yang mampu bersaing di lapangan kerja.

Ini baru pertemuan pertama, dan ada kelanjutannya.

Rencana ke depan, kami akan undang Pak Erman untuk memberikan transfer pengetahuan, inspirasi dan motivasi di USM,’’ kata Supari dalam keterangannya, Selasa (24/5).

Program apa saja yang berpeluang dikerjasamakan? Menurut Supari terkait pengembangan sumber daya perguruan tinggi dan pendidikan kewirausahaan guna menyiapkan mahasiswa yang tangguh dan berkompeten.
Selain itu, bisa mengadakan penelitian bersama dan program pengabdian kepada masyarakat.

Sebelumnya, kepada pimpinan USM, Erman Soeparno menyampaikan apresiasi atas perkembangan pesat yang dialami USM.
‘’Kalau USM ingin bekerja sama dengan kami, bisa di bidang penyiapan SDM agar memilki keterampilan dan keahlian sebagai tenaga kerja,’’ kata Erman.

Menurutnya, perguruan tinggi di bawah pengelolaan YPUP mengemban misi menghasilkan pemimpin yang berjiwa kewirausahaan, multikultural dan berpikir global.

Erman yang sejak Februari lalu dipercaya para pendiri YPUP menjadi Ketua Tidar Heritage Foundation juga berbagi ilmu tentang bagaimana mengembangkan wisata heritage, sejarah, wisata keindahan alam, agro, industri, dan edukasi.

‘’Saat USM menggelar acara Parade Puisi Tentang Candi pada Juni nanti, tolong saya diundang sebagai ketua yayasan Tidar Heritage,’’ pinta Erman sebagai ungkapan keinginannya untuk mengunjungi USM.(*) tribunjateng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *